Penalaran BlackBerry
BAB
I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Penalaran
adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (observasi empiric)
yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Ada dua metode dalam penalaran,yaitu
deduktif dan induktif. Penalaran Deduktif adalah metode berpikir yang
menerapkan hal-hal yang umum terlebihdahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam
bagian-bagiannya yang khusus.
Penalaran deduktif merupakan prosedur yang berpangkal pada suatu peristiwa
umum, yang kebenarannya telah diketahui atau diyakini, dan berakhir pada suatu
kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat lebih khusus. Metode ini diawali
dari pebentukan teori, hipotesis, definisi operasional, instrumen dan
operasionalisasi. Dengan kata lain, untuk memahami suatu gejala terlebih dahulu
harus memiliki konsep dan teori tentang gejala tersebut dan selanjutnya
dilakukan penelitian di lapangan. Dengan demikian konteks penalaran deduktif
tersebut, konsep dan teori merupakan kata kunci untuk memahami suatu gejala.
Penalaran induktif merupakan prosedur yang berpangkal dari peristiwa khusus
sebagai hasil pengamatan empirik dan berakhir pada suatu kesimpulan atau
pengetahuan baru yang bersifat umum. Dalam hal ini penalaran induktif merupakan
kebalikan dari penalaran deduktif. Dengan demikian, untuk mendapatkan
pengetahuan ilmiah kedua penalaran tersebut dapat digunakan secara bersama-sama
dan saling mengisi, dan dilaksanakan dalam suatu wujud penelitian ilmiah yang menggunakan
metode ilmiah dan taat pada hukum-hukum logika.
BAB
II
PEMBAHASAN
Siapa siih sekarang yang ga punya blackberry??
Di Indonesia Anak sekolah dasar punya blackberry, mahasiswa punya
blackberry, karyawan punya blackberry, pengusaha pun punya blackberry. Jadi
hampir seluruh masyarakat di Indonesia menggunakan blackberry.
Saat ini blackberry sudah tidaklah sangat asing untuk masyarakat di
indonesia berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Symantec didapati
bahwa penggunaan BlackBerry sebesar 55,64 % datang
dari pengguna di kalangan karyawan perusahaan di Indonesia dan selebihnya pengguna di kalangan pelajar/mahasiswa, ibu rumah tangga,
jadi rata-rata masyarakat di indonesia mulai dari anak sekolah dasar hingga
pengusaha semua memiliki blackberry.
Beberapa tahun belakangan ini masyarakat khususnya di Indonesia memiliki
sebuah telepon genggam tercanggih, yang semula telepon genggam terbut hanya
bisa telepon, sms, dan mms. telah di modifikasi oleh seorang imigran yunani di
kanada menjadi smartphone (ponsel pintar) bernamakan blackberry. Alasan
mengapa smartphone
BlackBerry cukup diminati di Indonesia menurut Marrie Pettersson dikarenakan
BlackBerry bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan bagi pengguna seperti
mengirim foto, pesan, sampai video. Selain itu BlackBerry juga digunakan untuk
mengirim email di kalangan kantor dimana hal ini dirasa lebih mudah dibanding
platform lain.
BlackBerry
adalah telepon seluler yang
memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms,
menjelajah internet, BlackBerry Messenger (BBM), dan berbagai kemampuan
nirkabel lainnya. Penggunaan gawai canggih ini begitu fenomenal
belakangan ini, sampai menjadi suatu kebutuhan untuk fashion. BlackBerry
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada,
BlackBerry. Kemampuannya menyampaikan
informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon
genggam hingga mengejutkan dunia. BlackBerry
pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh
operator Indosat dan perusahaan Starhub.
Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan
utama BlackBerry. Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar
lainnya di tanah air yakni Excelcom dan Telkomsel. Akibat
tuntutan pemerintah Indonesia, BlackBerry akhirnya membuka kantor perwakilan di
Indonesia pada November 2010.
BlackBerry Didirikan oleh seorang imigran
yunani di kota waterloo, kanada. Pendiri Research in Motion, Mike Lazaridis
dilahirkan di Turki, membangun sebuah pemutar rekaman dsi Lego pada umur 4
(empat) tahun, sebuah radio pada umur 5 (lima) tahun, dan berkuliah di
Universitas Waterloo.
Dia memilihg drop out SETELAH memenangkan kontrak senilai 560 ribu US Dollar. Para pesimis mengasumsukan bahwa pesaing besar akan menenggelamkan produk blckberry dengan membanjiri pasar dengan produk yang serupa. Namun hingga saat ini, tidak ada satupun perusahaan seperti nokia, motorola atau bahkan microsoft yang sanggup membuat pesaing blackberry.
Dia memilihg drop out SETELAH memenangkan kontrak senilai 560 ribu US Dollar. Para pesimis mengasumsukan bahwa pesaing besar akan menenggelamkan produk blckberry dengan membanjiri pasar dengan produk yang serupa. Namun hingga saat ini, tidak ada satupun perusahaan seperti nokia, motorola atau bahkan microsoft yang sanggup membuat pesaing blackberry.
Keunggulan blackbery adalah
mempunyai penampilan yang sangat bersabahat dan bisa selalu terhubung, jadi
dimanapun anda, anda bisa selalu mengakses email (saat ini Facebook, Blogging,
dll dll). Sejak peluncurannya pada tahun 1999, blackberry telah meraup lebih
dari 8 juta pelanggan di seluruh dunia.
Sejalan dengan peningkatan
kemampuan layanan komunikasi seluler, blackberry pun ikut terangkat. Dan dengan
makin turunnya biaya komunikasi, pada akhirnya BlackBery menjad sebuah fenomena
(saat ini kayaknya di Indonesia juga lagi demam Blackberry, anak – anak muda
mulai pakai alat ini yah buat nge-blog dan Facebook-an). Blackberry, teknologi push email instan
AWALNYA, BlackBerry ingin
dinamakan POCKET LINK sebuah nama yang fungsional tapi membosankan, kemudian
juga HAMPIR dinamakan STRAWBERRY, karena mirip dengan buah strawberry, tapi
terkesan terlalu jinak. Sehingga dinamakan BLACKBERRY, nmaa yang akrab tapi
cerdas.
BlackBerry masuk ke pasar pertama
kali dengan memfokuskan diri pada layanan e-mail gegas. Pada awalnya, perangkat
BlackBerry hanya memiliki layar monokrom, tetapi sekarang semua modelnya sudah
memiliki tampilan layar berwarna. Saat
ini, RIM juga menawarkan layanan email BlackBerry untuk perangkat-perangkat
non-BlackBerry seperti Palm Treo dan Nokia E61, melalui peranti lunak
BlackBerry Connect.
Mengapa banyak orang yang kepincut
BlackBerry? Salah satunya adalah keunggulannya mengirim dan menerima surat
elektronik: secepat mengirim dan menerima SMS.
BB pun menjadi gadget yang wajib
dimilki oleh remaja-remaja yang inign diakui ke-eksist-annya. Setelah serial
Gossip Girl secara fenomenal mempromosikan BB. Serial tentang kehiduppan
anak-anak muda upper Class Manhattan, Ney York-USA itu melabeli Blackberry
sebagai lambang status kelas atas.
Asal nama BlackBerry
Pemilihan nama
BlackBerry sendiri ada ceritanya. Saat itu RIM dibantu dg Lexicon Branding
Inc.(perusahaan konsultan pembuatan merek atau brand asal Amerika) punya
inspirasi bahwa perangkat ini merupakan sesuatu yg manis dalam kehidupan karena
fungsi dan kemudahan yg dimilikinya. Waktu itu fihakLexicon melihat tombol
keyboard nya seperti biji strawberry, tapi menurut mereka kata
"straw" terlalu panjang bila diucapkan hingga terkesan lamban. Lalu
dipilihlah BlackBerry, brand yg menurut mereka dapat mewakili manisnya hidup
dalam buah BlackBerry dan kata "Black" yg cepat bila diucapkan
mewakili karakter perangkat BalckBerry yg simple dan mudah digunakan.
Nama BlackBerry sempat diplesetkan menjadi CrackBerry(crack berarti kokain) karena perangkat ini bisa membuat penggunanya kecanduan. bahkan gara- gara isu ini, dibeberapa negara ada peraturan yg membatasi penggunaan hp BlackBerry. Misalnya Kanada mereka mengeluarkan peraturan mematikan perangkap daari jam 7 malam sampai jam 7 pagi, akhir pekan dan hari libur lain.
Nama BlackBerry sempat diplesetkan menjadi CrackBerry(crack berarti kokain) karena perangkat ini bisa membuat penggunanya kecanduan. bahkan gara- gara isu ini, dibeberapa negara ada peraturan yg membatasi penggunaan hp BlackBerry. Misalnya Kanada mereka mengeluarkan peraturan mematikan perangkap daari jam 7 malam sampai jam 7 pagi, akhir pekan dan hari libur lain.
Sejarah Perkembangan
1984 –
Pada tahun 1984 RIM (Research In Motion) didirikan oleh Mike Lazaridis, hingga
sekarang menjabat sebagai president dan Co-CEO bersama dengan Douglas Fregin
sebagai Vice President of Operations. Mereka
membangung RIM untuk tujuan bisnis konsultasi barang elektronik dan ilmu
computer.
1988 – RIM
menjadi developer kedua di dunia dalam mengembangkan produk untuk Mobitex
Wireless Network. Inilah awal jaringan RIM Pager BlackBerry mulai bekerja.
1990 – RIM
mulai memasuki pasaran dengan memperkenalkan DigiSync Film KeyKode Reader,
Digital Footage, Frame, dan kalkulator waktu yang akan ternama di kalangan
editor dan pemotong negatif Hollywood. RIM mengubah waktu editing dari 2 jam
menjadi 20 menit.
1998 – RIM
mulai memperkenakan RIM 950 Wireless Handheld. Komputer handheld ini kemudian
disebut sebagai BlackBerry. Perangkat ini menawarkan enam baris tampilan, bisa
digunakan untuk email dasar, paging dua arah, browsing halaman yang telah
diformat dengan konten berita, cuaca, bursa saham, informasi wisata.
2000 – RIM
mengenalkan RIM 857/957 Wireless Handheld dan mengumumkan pembangunan jaringan
untuk Java. Selain itu BlackBerry 5790 juga dirilis sekitar tahun ini, Handheld
ini memiliki memory 16Mb flash memory.
2001 –
Pada tahun 2001 RIM mensupport untuk Lotus Notes and Domino dalam BlackBerry
Enterprise Server. Pada tahun ini pula RIM memulai debut handheld berbasis Java
2 Micro Edition (J2ME) OS.
2002 –
Tahun 2002 adalah tahun yang penting bagi RIM. Di tahun ini RIM merilis
beberapa device yang cukup mempengaruhi perkembangan ponsel di dunia.
1.
BlackBerry 5810. Ini adalah seri pertama
BlackBerry dengan fitur GSM/GPRS radio. Device pertama di dunia dengan GSM/GPRS
radio
2.
BlackBerry 6510. Dibekali dengan fitur
walkie-talkie.
3.
BlackBerry 6750. Device pertama BlackBerry
untuk pengguna CDMA20001X Wireless Network.
4.
BlackBerry 6710 dan BlackBerry 6720 dengan
fitur integrated speaker/microphone serta kemampuan international roaming pada
GSM/GPRS.
2003 –
Dirilisnya device GSM BlackBerry 6210, BlackBerry 6220 > BlackBerry 6230
(Masih berlayar Monokrom). Lalu kemudian hadir 3 seri lagi dengan layar warna
yaitu BlackBerry 7230, BlackBerry 7210 dan BlackBerry 7280. BlackBerry 7730
juga dirilis pada tahun 2003 dengan layar warna yang besar dan merupakan device
pertama RIM dengan Tri Band GSM.
2004 – RIM
berusia 20 tahun. Saat ini pengguna RIM telah mencapai 2 juta di seluruh dunia.
Pada tahun ini pula RIM merilis BlackBerry 7510 > 7520 yang merupakan device
BlackBerry pertama dengan fungsi GPS dan juga merupakan BlackBerry pertama
dengan speakerphone yang mensupport Nextel’s Walkie-Talkie.
2005 –
Pada 2005 pengguna RIM telah mencapai 4 juta di seluruh dunia. 2 kali lipat
dari tahun sebelumnya. Ini adalah tahun untuk BlackBerry 8700 dengan layar
warna, themes, Bluetooth, Quad-band support, dll. Pada akhir tahun ini juga RIM
mengenalkan BlackBerry 7130, BlackBerry berlayar warna pertama untuk device
CDMA BlackBerry.
2006 – RIM
kian menjadi partner bisnis dengan merilis BlackBerry Enterprise Server Express
yang dapat diunduh gratis.
8 April
2008 – FBI dibekali dengan BlackBerry 8830 World Edition sebanyak 19,500 unit
12 Mei
2008 – Smartphone BlackBerry yang sebelumnya identik dengan dunia usaha mulai
merambah ke entertainment dengan hadir nya BlackBerry Bold. Model yang lebih
modis dengan resolusi layar tinggi sehingga membuat gambar yang ditampilkannya
terlihat utuh. Selain itu juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan suara yang
jernih jika digunakan untuk memutar music.
10
September 2008 – Hadir BlackBerry dengan desain Flip. BlackBerry Pearl Flip.
8 Oktober
2008 – RIM mulai merilis BlackBerry berteknologi layar sentuh yang inovatif
dengan nama BlackBerry Storm. Verizon dan Vodafone memamerkan BlackBerry Storm
sebagai Smartphone pertama di dunia dengan layar sentuh yang clickable (layar
sentuh yang bisa di click karena pegas kecil yang ditanamkan dibawah layar).
Teknologi layar sentuh ini disebut SurePress. Karena inovasi pada Touchscreen
nya ini maka BlackBerry Storm meraih penghargaan Best Mobile Technology Breakthrough
pada GSMA 14th Annual Global Mobile Awards.
1 April
2009 – Mulai dibuka toko online BlackBerry App World, tempat para pengguna
BlackBerry mengunduh program.
Keterpurukkan Blackberry
BlackBerry sebagai salah satu
produsen smartphone terbesar di dunia saat ini memang sedang mengalami
kesulitan finansial yang berbuntut keluarnya opsi penjualan perusahaan oleh CEO
Thorsten Heins. Namun tahukah Anda kisah di balik mulai hancurnya perusahaan
asal Kanada tersebut?
Tiga atau empat tahun yang lalu,
BlackBerry masih mendapuk sebagai tiga perusahaan smartphone terbesar di dunia
dengan penguasaan pangsa pasar yang cukup besar dalam skala global termasuk di
Asia khususnya di Indonesia dan India.
Namun, kejayaan tersebut saat ini
seperti sirna ditiup angin dan tak bersisa. Dalam laporan keuangan resmi yang
diluncurkan BlackBerry pada Juli lalu yang berisikan pendapatan mereka di
kuartal kedua 2013, menunjukkan jika perusahaan pimpinan Thorsten Heins ini
mengalami kerugian hampir RP 1 triliun dikarenakan lesunya penjualan smartphone
mereka di pasar global.
Pun dengan smartphone terbaru
pengusung OS BlackBerry 10 yang mereka luncurkan di tahun 2013 ini sepertinya
tidak sesuai prediksi dan meleset dari harapan awal. Smartphone seperti
BlackBerry Z10, BlackBerry Q10, dan BlackBerry Q5 juga kurang diminati pasaran,
sehingga tidak mampu untuk mengatrol pendapatan perusahaannya.
Bahkan, untuk segera menyelamatkan
finansial perusahaan, BlackBerry saat ini ditengarai akan segera meluncurkan
smartphone terbaru lagi pengusung OS BlackBerry 10.2 bernama BlackBerry Z30
yang diperkirakan akan menjadi peluru terakhir dan diharapkan menjadi juru
selamat perusahaan yang dahulunya bernama RIM ini.
Bukan hanya faktor dari dalam,
yaitu lesunya penjualan handset BlackBerry, saja yang menjadi penyebab
kehancuran perlahan BlackBerry, namun juga ada faktor dari luar yaitu semakin
populer dan digandrunginya OS Android dan Windows Phone di pasaran.
Kepopuleran Android yang berhasil
mengungguli BlackBerry OS mungkin sudah diketahui oleh banyak orang. Akan
tetapi Windows Phone juga berandil pada makin lesunya pangsa pasar BlackBerry
secara global. OS Windows Phone buatan Microsoft memang saat ini dilaporkan
telah berhasil mengalahkan BlackBerry OS di beberapa pasar strategis di dunia.
Kabar keterpurukan BlackBerry
sudah bukan lagi jadi berita baru. Berbagai kalangan banyak memprediksikan
perusahaan asal Kanada itu akan bangkrut. Begitu pun kata salah seorang
pengemat telekomunikasi di Indonesia, Teguh Prasetya, BlackBerry mati hanya
tinggal tunggu waktu.
BlackBerry mulai ditinggalkan
seiring maraknya gadget pendatang baru bersistem operasi Android dan
Windows Phone, terlebih ponsel ternama besutan Apple, iPhone. Ia kalah bersaing
dengan ponsel bersistem operasi tersebut. Gerak-gerik perusahaan juga
menunjukkan kemunduran mulai dari hasil penjualan, hingga pemecatan karyawan yang beberapa kali dilakukan.
Hingga opsi terakhir yang diambil
adalah menjual perusahaan kepada yang menginginkan. Agar smartphone yang dulu
pernah jaya itu kembali bangkit dari keterpurukan.
Secara global konsumen BlackBerry
sudah beralih pada ponsel berbasis Android, iOS, ataupun Windows Phone. Data
yang dirilis Gartner menyebutkan BlackBerry kehilangan pangsa pasar hingga 5,2 persen dibandingkan
perolehan pada tahun lalu. Ditaklukkan oleh Windows Phone
yang mengambil posisinya. Namun di Indonesia, handset BlackBerry masih
sering dijumpai berada di genggaman setiap orang.
Namun Teguh mengatakan BlackBerry
lama-lama akan hilang di pasaran. Fenomena kehancuran BlackBerry ini,
lanjutnya, tak berbeda jauh dengan apa yang dialami oleh Nokia beberapa tahun
ke belakang. Ia mengucapkan, dominasi Nokia yang pernah meraja di pasaran
akhirnya jatuh juga seiring munculnya ponsel-ponsel generasi terbaru.
"Ini hanya tinggal tunggu
waktu saja. Sama halnya seperti Nokia saat dulu, ponsel comunicator
dari Nokia akhirnya hilang dari pasaran," ungkap Teguh meyakinkan.
Seperti pengamatan yang pernah
dilakukan Okezone beberapa waktu lalu, peminat BlackBerry saat ini masih banyak di kalangan menengah ke
bawah dengan penjualan handphone second. Sedangkan produk-produk terbarunya
tak terlalu laku. "BlackBerry keluaran terbaru tidak laku. Kita lihat
saja, lama-lama HP BlackBerry second akan hilang di pasaran," kata Teguh
mengakhiri.
5 Penyebab Terpuruknya
Blackberry
Di
bawah komando Thorsten Heins, BlackBerry mengambil langkah cepat melalui
pengembangan sistem operasi (OS) BlackBerry 10, dengan harapan akan
menyelamatkan perusahaan dari keterpurukan. Namun harapan itu seakan sirna,
hingga berbagai spekulasi muncul, mulai dari joint venture, mitra
strategis, hingga kemungkinan menjual perusahaan.
Ulasan
berikut yang dikutip dari Tech Hive berikut, dapat dijadikan
sebagai refrensi penyebab keterpurukan pasar yang dialami BlackBerry.
1. BlackBerry 10 Yang Tertunda
Sistem
operasi BlackBerry 10 mengalami penundaan berkali-kali, padahal perencanaannya
sudah dilakukan sejak lama, dan akhirnya baru diluncurkan pada awal tahun 2013.
Namun peluncuran tersebut dinilai terlambat, banyak pengguna BlackBerry tidak
bersabar dan peralih ke platform lain
2. Aplikasi
Pesona
sistem operasi baru BlackBerry 10 yang dilengkapi dengan kemampuan navigasi
berdasarkan gerakan dan pusat notifikasi sangat menarik, namun tidak didukung
pengembang aplikasi ternama, seperti Instagram, Path, dan Google Maps. Meskipun
di awal peluncuran pihak BlackBerry berjanji meningkatkan kemampuan aplikasi,
namun dalam kurun waktu 7 bulan sesudahnya, BlackBerry World masih tampak sepi.
3. Hardware
Sampai
saat ini, raksasa asal Kanada tersebut telah meluncurkan 3 produk berbasis OS
BlackBerry 10, yaitu Z10, Q10, dan Q5. Dimana terdapat 2 produk dilengkapi
keyboard QWERTY, dan sisanya layar sentuh penuh. Namun ternyata ketiganya
kurang laku di pasaran, bahkan kalah dari produk Nokia Lumia yang berbasiskan
Windows Phone 8.
4. PlayBook
Salah
satu keputusan fatal BlackBerry adalah merambah pasar tablet. Meskipun memiliki
spesifikasi hardware yang mempesona dan sistem operasi
canggih, harga selangit dan absennya fitur e-mail menjadi penyebab
penjualannya gagal total. Bahkan pernah dilakukan diskon gila-gilaan untuk
menyelamatkan penjualan, namun tak menuai hasil.
5. Enterprise
Pasaran
enterprise yang dulu setia kepada BlackBerry, beralih ke platform lain, seperti
iPhone untuk urusan perusahaan. Platform iPhone yang menawarkan performa bisnis
yang baik dan fitur entertainment sekaligus dalam satu genggaman.
Akibatnya, sebagian pengguna mulai menganggap BlackBerry membosankan. Meskipun
BlackBerry berusaha mengikuti, namun ia tidak mampu cepat menyesuikan diri
dengan perubahan trend global.
Sampai
hari ini, masa depan BlackBerry masih dipertanyakan, apakah platform asal
Kanada tersebut benar-benar akan hancur? Kita nantikan saja perkembangannya.
Dilepasnya
aplikasi BlackBerry Messenger kepada pihak Android dan iOS
Aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger atau yang dikenal lewat
akronim BBM selama ini selalu menjadi salah satu fitur eksklusif yang hanya
tersedia di smartphone
BlackBerry. Namun, eksklusivitas tersebut akan
segera hilang begitu BlackBerry merilis aplikasi BBM
untuk iOS dan Android pada pertengahan 2013 mendatang melalui toko aplikasi tiap-tiap
platform.
Langkah yang mengejutkan ini
disebut CEO BlackBerry Thorsten Heins sebagai sebuah "pernyataan percaya
diri" perusahaannya. BlackBerry berharap bisa memperluas basis pelanggan
BBM dan memonetisasi aplikasi tersebut begitu hal itu tercapai. Meski bisa membuat BBM menjadi lebih
relevan di tengah-tengah meningkatnya popularitas aplikasi pesan instan
lintas platform, keputusan tersebut juga berpotensi menjadi bumerang bagi handset
BlackBerry.
Larry Magid dari Forbes
berpendapat bahwa pengguna BlackBerry yang memakai perangkat tersebut untuk chatting
melalui BBM nantinya bisa beralih dengan bebas ke iPhone ataupun ponsel Android
karena tak lagi terikat dengan eksklusivitas BBM.
Topik ini menjadi perbincangan hangat
di kalangan konsumen BlackBerry, termasuk di Indonesia. Sebuah thread
yang membahas kemungkinan di atas bahkan terpilih menjadi salah satu "hot
thread" di forum komunitas online Kaskus.
Lantaran populer di Indonesia, handset BlackBerry
banyak dipakai oleh pengguna dari berbagai kalangan. Smartphone
BlackBerry kerap terlihat dalam genggaman, bersama iPhone atau smartphone
Android, karena pemiliknya tidak bisa lepas dari kontak BBM yang sudah
terlanjur banyak serta hanya bisa diakses dari perangkat BlackBerry.
Kini, dengan dibukanya pintu bagi
BBM di iOS dan Android, apa alasan untuk tetap menggunakan ponsel BlackBerry?
Biarpun mungkin terkesan bisa
menimbulkan blunder,
keputusan BlackBerry ini sebenarnya dimaksudkan justru untuk mencegah pengguna
BlackBerry beralih ke lain hati.
Harapannya, keberadaan BBM di
iPhone dan Android bisa mendongkrak popularitas layanan chatting
tersebut sekaligus memberi jaringan kontak yang lebih luas bagi pengguna BBM di
BlackBerry.
Mengapa baru sekarang?
Mengapa baru sekarang?
Jim Dawson, kepala analis bidang
telekomunikasi lembaga riset Ovum, mengatakan bahwa BlackBerry sudah lama
berencana melepas BBM ke Android dan iOS. Hal ini baru menjadi kenyataan
setelah dipicu oleh menurunnya basis pelanggan BlackBerry.
Hingga kuartal kedua tahun lalu,
jumlah pelanggan BlackBerry secara terus-menerus mencatat peningkatan. Namun
semenjak itu, kecenderungan sebaliknya terjadi: jumlah pelanggan BlackBerry berangsur
turun dari angka puncaknya sebesar 80 juta.
"Banyak pengguna BlackBerry
yang beralih ke platform lain dan oleh karena itu meninggalkan BBM. Nilai
aplikasi itu jadi berkurang," ujar Dawson, seperti dikutip oleh The
Verge. "Kalau ditunggu lebih lama lagi, bisa-bisa BBM benar-benar
tidak ada artinya. Mereka (BlackBerry) ingin melakukan itu selagi masih ada
waktu untuk memanfaatkan basis pengguna BBM."
BlackBerry mengklaim saat ini
terdapat 60 juta pengguna BBM di seluruh dunia. Lebih dari 51 juta orang
menggunakan BBM rata-rata 90 menit per hari. Secara keseluruhan, setiap
harinya, ada 10 miliar pesan yang dikirim dan diterima pelanggan BBM.
BlackBerry mengklaim jumlah ini dua kali lebih banyak dari pesan yang dikirim
dan diterima aplikasi pesan instan lain.
Dengan turut hadir di iPhone dan
Android, BBM nantinya akan bersaing langsung dengan aplikasi pesan instan lain,
seperti WhatsApp, Line, Kakao Talk, ataupun WeChat yang lebih dulu meraih
pengguna di kedua platform tersebut. Whatsapp, misalnya, sudah memiliki 200
juta pengguna secara global. Menurut
penjelasan di dalam blog
BlackBerry, BBM untuk iPhone dan Android pada awalnya hanya akan memiliki
fungsi-fungsi dasar seperti multi-chat serta membuat grup BlackBerry hingga 30
kontak dengan pembagian kalender, foto, dan file. Dukungan voice dan video chat rencananya akan ditambahkan ke BBM versi
iOS dan Android pada akhir tahun ini.
Update:
Hari Kamis, 19 September 2013, BlackBerry secara resmi mengumumkan kehadiran
BBM untuk platform iOS dan Android. Aplikasi ini bisa diunduh oleh pengguna
Android mulai hari Sabtu, 21 September 2013, pukul 18.00 WIB lewat toko
aplikasi Google Play. BBM untuk iOS akan menyusul tersedia satu hari setelahnya
pada 22 September 2013 lewat toko aplikasi App Store. BBM untuk Android dan iOS
bisa diperoleh secara gratis alias tak berbayar.
BAB III
KESIMPULAN
BlackBerry adalah perangkat selular yang
memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet,
messenger (Blackberry Messenger/BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun
1999 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM).
Sebuah e-mail berukuran 1 MB,
jika diterima melalui push e-mail dapat menjadi 10 kb dengan
isi yang tetap. (RBA4762). Pengguna tidak perlu mengakses
Internet terlebih dulu dan membuka satu persatu e-mail yang masuk, atau
pemeriksaan e-mail baru. Mirip dengan Yahoo
Messenger yang bernama BlackBerry Messenger (BBM) yang
berjalan melalui jaringan BlackBerry dengan memasukan nomor identitas unik dari
setiap ponsel BlackBerry (PIN). Pengguna dapat memperbaharui
status kapanpun dan dimanapun, hanya dengan mengetik status yang diinginkan di
kolom status. Pengguna BlackBerry Messenger
juga dapat membagi berkas yang berupa data selain foto dan suara, kontak
telepon dan kontak BlackBerry Messenger antar sesama pengguna. Untuk membuat suatu grup percakapan pengguna harus mengundang beberapa
kontak untuk ikut dalam percakapan dalam grup ini. dalam satu goup
beranggotakan maksimal 30. Aplikasi baru ini juga sudah dapat diunduh
langsung di situs resmi BlackBerry. Aplikasi baru ini juga sudah dapat diunduh
langsung di situs resmi BlackBerry.
Sumber:
·
Komentar
Posting Komentar